Jembatan Quebec (Pont de Québec dalam bahasa Perancis) terbentang rendah di sepanjang Sungai Saint Lawrence di sebelah barat Kota Quebec dan Levis, Quebec, Kanada. Jembatan Quebec adalah jembatan yang berstruktur paku baja truss dengan panjang 987 meter (3.239 kaki), lebar 29 meter (94 kaki), dan tinggi 104 m (340 kaki). Tiang lengan utama sepanjang 177 m (580 kaki) menopang struktur pusat sepanjang 195 m (640 kaki), dengan total span 549 m (1800 ft), yang terpanjang di dunia. Jembatan tersebut secara utuh menyeberangi Saint Lawrence. Jembatan mengakomodasi tiga jalur jalan raya (pada tahun 1929, satu jalan sampai 1949, dua jalan sampai 1993), satu rel baris (dua  jalur hingga 1949), dan jalur pejalan kaki (awalnya dua); dan juga membawa sebuah trem. Trem tersebut dimiliki oleh Canadian National Railway sejak tahun 1993.

Latar belakang

Sebelum Jembatan Quebec dibangun, satu-satunya cara dari pantai selatan St Lawrence di Levis ke pantai utara di Quebec City adalah dengan feri. Sejak tahun 1852 telah dipikirkan untuk membangun jembatan di atas Sungai St Lawrence di Quebec dan sekali lagi, pada 1867, 1882, dan 1884.

Sebuah artikel Quebec Morning Chronicle pada Maret 1897 mencatat:

The bridge question has again been revived after many years of slumber, and business men in Quebec seem hopeful that something will come of it, though the placing of a subsidy on the statute book is but a small part of the work to be accomplished, as some of its enthusiastic promoters will, ere long, discover. Both Federal and Provincial Governments seem disposed to contribute towards the cost, and the City of Quebec will also be expected to do its share. Many of our people have objected to any contribution being given by the city unless the bridge is built opposite the town, and the CHRONICLE like every other good citizen of Quebec would prefer to see it constructed at Diamond Harbor, and has contended in the interests of the city for this site as long as there seemed to be any possibility of securing it there. It would still do so if it appeared that our people could have it at that site. Ini masih akan melakukannya jika ternyata orang-orang kita bisa memilikinya di situs tersebut. A bridge at Diamond Harbor would, it estimated, cost at least eight millions. It would be very nice to have, with its double track, electric car track, and roads for vehicles and pedestrians, and would no doubt create a goodly traffic between the two towns, and be one of the show works of the continent.

Desain Pertama dan Keruntuhan 29 Agustus 1907

Jembatan Quebec termasuk dalam proyek National Transcontinental Railway, yang dilakukan oleh pemerintah federal. Pada 1904, struktur ini terbentuk. Namun, perhitungan sementara yang dibuat dalam tahap awal perencanaan tidak pernah benar-benar diperiksa ketika desain telah diselesaikan, dan berat aktual jembatan itu jauh melebihi daya dukungnya. Beban mati terlalu berat. Semua berjalan lancar sampai jembatan itu hampir selesai pada musim panas 1907, ketika tim engineering lokal di bawah Norman McLure mulai melihat peningkatan distorsi dari struktural kunci yang sudah di tempatkan.

McLure menjadi semakin khawatir dan menulis berulang kali untuk mengawasi insinyur Theodore Cooper , yang pada awalnya menjawab hal tersebut hanya masalah-masalah kecil. Pejabat Phoenix Bridge Company mengklaim bahwa balok sudah pasti membungkuk sebelum dipasang, tapi pada 27 Agustus hal itu menjadi jelas bagi McLure bahwa ini adalah salah.

Seorang insinyur yang lebih berpengalaman mungkin mengirim telegram kepada Cooper, tapi McLure menulis surat untuknya, dan kemudian pergi ke New York untuk bertemu dengan dia pada tanggal 29 Agustus 1907. Cooper kemudian setuju bahwa masalah ini serius, dan segera mengirim telegram ke Phoenix Bridge Company: “Jangan menambah beban lagi ke jembatan sampai setelah mempertimbangan fakta-fakta yang ada.” Kedua insinyur kemudian pergi ke kantor Phoenix. Tapi pesan itu tidak diteruskan ke Quebec, dan sekarang sudah terlambat. Sore yang sama, setelah empat tahun pembangunan, lengan bagian selatan dan bagian tengah jembatan ambruk ke Sungai St Lawrence hanya dalam 15 detik. Dari 86 pekerja di jembatan pada hari itu, 75 tewas dan sisanya luka-luka. Dari para korban, 33 (beberapa sumber mengatakan 35) adalah Mohawk pandai besi dari Kahnawake dekat Montreal; mereka dimakamkan di Kahnawake dengan salib yang terbuat dari baja balok. [1]

Terdapat rumor bahwa besi dan baja dari jembatan runtuh yang tidak dapat digunakan untuk konstruksi, digunakan kembali untuk membentuk awal Iron Rings oleh Canadian Engineers mulai tahun 1925.

Desain Kedua dan Insiden September 11, 1916

Setelah Royal Commission of Inquiry menyelidiki keruntuhan, konstruksi dimulai untuk membuat jembatan kedua. Tiga insinyur diangkat: HE Vautelet, seorang mantan insinyur dari Canadian Pacific Railways, Maurice FitzMaurice dari Britania Raya, yang bekerja pada pembangunan Forth Bridge, dan Ralph Modjeski dari Chicago. Desain baru jembatan masih dengan bentang kantilever tunggal panjang, tapi yang satu ini jauh lebih besar. Pada tanggal 11 September 1916,, ketika penopang utama dinaikkan pada posisinya, penopang itu jatuh ke sungai, menewaskan 13 pekerja. Segera kekhawatiran akan sabotase oleh Jerman dilaporkan, namun segera jelas bahwa kecelakaan konstruksi biasanya menimpa pada strukturRe-konstruksi dimulai segera setelah kecelakaan dan izin khusus diberikan untuk pembangun jembatan untuk memperoleh baja yang berada di permintaan tinggi karena upaya perang. Setelah jembatan selesai tahun 1917, ijin khusus diperlukan untuk mereka yang ingin menyeberangi struktur. Tentara, dan kemudian Polisi lokal, menjaga struktur dan memeriksa sampai akhir Perang.

Penyelesaian

Konstruksi akhirnya selesai pada bulan Agustus 1917, dengan total biaya $ 25 juta dan nyawa 89 pekerja ‘. Pada tanggal 3 Desember 1919, Jembatan Quebec dibuka untuk lalu lintas kereta api, setelah hampir dua dekade konstruksi. Pusat span sepanjang 549 meter (1800 ft) kantilever span terpanjang di dunia dan dianggap sebagai prestasi penemuan teknik utama. Jembatan itu dibangun dan dirancang untuk jembatan kereta api, tetapi garis trem dan satu dari dua rel kereta api dikonversi menjadi jalur kendaraan dan jalur pejalan kaki / bersepeda di tahun-tahun berikutnya. Pada 1970, Pierre Laporte Suspension Bridge membuka bagian hulu untuk mengakomodasi jalan bebas hambatan di Autoroute 73 .

Jembatan Quebec dinyatakan sebagai monumen bersejarah pada tahun 1987 oleh Kanada dan American Society of Civil Engineers, dan pada tanggal 24 Januari 1996, jembatan dinyatakan sebagai National Historic Site Kanada. Jembatan itu dibangun sebagai bagian dari National Transcontinental Railway, yang digabungkan ke dalam Canadian Government Railways dan kemudian menjadi bagian dari Kereta Api Nasional Kanada (CN). Perusahaan Canadian Government Railways dipertahankan oleh pemerintah federal sampai 1993, sampai ketika Dewan Penasihat memerintahkan penjualan resmi Canadian Government Railways ke Crown Corporation CN untuk satu dolar (CAD) pada tanggal 22 Juli. Pada tanggal ini, Jembatan Quebec juga berada di bawah kepemilikan lengkap CN. CN diprivatisasi pada bulan November 1995, membuat jembatan ini dimiliki oleh swasta. Meskipun kepemilikan pribadi, CN menerima dana federal dan provinsi untuk melakukan perbaikan dan perawatan struktur.

Aftermath

Di Kanada, dan banyak negara lain, tragedi Jembatan Quebec masih banyak mempengaruhi sampai hari ini. Bencana ini menunjukkan pengaruh yang sangat vital dari seorang insinyur dalam suatu. Insinyur khawatir tentang intervensi pemerintah yang bertindak sendiri dan mendirikan beberapa kelompok rekayasa independen. Akhirnya kelompok-kelompok ini dibentuk bersama-sama pada tingkat masing-masing dan menciptakan apa yang sekarang dikenal sebagai organisasi Profesional Engineers . P. Engs berada di bawah aturan yang berbeda sesuai peraturan organisasi tempat mereka berada. Pedoman umum termasuk seorang insinyur harus melewati etika pemeriksaan, dapat menampilkan karakter yang baik melalui penggunaan saksi karakter , dan memiliki pengalaman rekayasa yang berlaku (di Kanada minimum empat tahun praktisi di bawah sertifikat Engineer Profesional). Baru-baru ini sebuah upacara untuk 33 korban Mohawk diselenggarakan di Reserve Kahnawake dimana patung yang menyerupai bagian dari jembatan dan plakat diresmikan.

Sumber:

http://www.wikipedia.com